10 Makanan Penambah Mood yang Membuat Kamu Merasa Baik

Ketika Anda berada dalam suasana hati yang buruk, semua orang perlu menemukan cara untuk meningkatkan suasana hati Anda lagi. Salah satunya adalah makan makanan rekreasi. Suasana hati juga diyakini dapat ditingkatkan melalui beberapa kegiatan, termasuk menonton film, olahraga, berbelanja, dan jalan-jalan. Tapi tahukah Anda bahwa ada penelitian yang menunjukkan bahwa makanan tidak memengaruhi perasaan orang?

Menurut sebuah laporan oleh Live Science (2014), sebuah studi oleh Association for Psychological Science menemukan bahwa tidak ada makanan yang mengubah suasana hati yang terkait dengan suasana hati seseorang. Apakah hanya mitos apakah makanan bisa membuat Anda merasa baik?

Ada banyak penyebab suasana hati yang buruk, termasuk kelelahan, konsentrasi yang buruk, dan berbagai faktor kesehatan lainnya. Kebanyakan orang cenderung makan berlebihan ketika pikiran mereka terlalu berat atau stres, terutama makanan favorit mereka.

Jenis-jenis makanan penambah mood

Selain menjadi sumber energi, beberapa makanan juga bisa membuat Anda merasa lebih baik saat sedang dalam suasana hati yang buruk. Ini fakta, bukan mitos. Tidakkah Anda ingin melakukan lebih banyak saat Anda kenyang?

Bagaimana cara mengatasi makan berlebihan saat stres? Saya selalu mencurahkan masalah saya dengan makanan. Ini menyedihkan, tetapi saya merasa lebih baik setelah makan, dan saya juga sedih mengetahui bahwa saya makan terlalu banyak setelah makan.”

Jika ini penyebabnya, memperbaiki pola makan Anda bisa menjadi “obat” yang efektif untuk menstabilkan suasana hati Anda. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa makanan tertentu dapat digunakan untuk membuat Anda merasa lebih baik.

Sebelum mengetahui jenis-jenis makanan rekreasional, perlu diketahui juga bahwa asam lemak omega-3, probiotik, serat, protein, dan vitamin B kompleks merupakan nutrisi yang dapat mengubah suasana hati. Jadi, Anda bisa memilih makanan yang mengandung nutrisi tersebut. Jenis makanan pengubah suasana hati yang dapat meningkatkan suasana hati Anda meliputi:

1. Telur dan Kacang

Makanan rekreasi yang relatif mudah diperoleh dan diolah adalah telur dan kacang-kacangan. Sebagai sumber protein, telur dan kacang-kacangan mengandung asam amino yang menciptakan senyawa yang dapat diproses otak untuk “mengatur” pikiran dan emosi. Protein juga membantu tubuh menyerap karbohidrat secara perlahan, sehingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Sebenarnya, Anda marah karena Anda lapar, bukan karena suasana hati Anda sedang buruk.

2. Salmon

Salmon tidak hanya lezat, tetapi juga makanan yang menenangkan. Kandungan omega-3 pada ikan salmon dipercaya mampu mengatasi perubahan suasana hati. Salmon mengandung asam amino triptofan, yang meningkatkan hormon serotonin. Menyeimbangkan kadar serotonin Anda dapat membantu menghindari perubahan suasana hati dan mengurangi risiko depresi. Omega 3 juga baik untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat.

3. Pisang

Pisang mengandung buah-buahan yang dapat membuat Anda merasa baik ketika Anda sedang dalam suasana hati yang buruk. Mengkonsumsi pisang yang mengandung asam amino triptofan sebagai fosfor sebagai sumber energi dan vitamin dapat membantu tubuh Anda pulih dari rasa tidak enak. Namun, seperti dilansir byrdie.com, pencipta diet AlkaMind, Dr. Daryl Gioffre mengatakan konsumsi pisang perlu diimbangi dengan lemak sehat untuk mencegah lonjakan gula darah. Anda bisa membuat jus pisang dengan susu coklat yang bisa Anda nikmati bersama keluarga saat bekerja dan istirahat.

4. Bayam

Selain sumber protein dan buah-buahan, ada juga sayuran yang bisa membuat Anda merasa enak: bayam. Sayuran hijau ini mengandung asam folat, vitamin A, dan vitamin B6 yang merupakan nutrisi penting untuk otak. Tapi jika alasan Anda merasa tidak enak adalah lengan dan perut yang kendur, Anda harus lebih rajin makan bayam. Seperti dikutip Science ABC, yang berdasarkan penelitian Karolinska Institute di Stockholm, bayam dapat membantu membangun otot. Selain bayam, sayuran hijau seperti brokoli, kacang hijau, dan lobak hijau masih bisa menjadi sumber relaksasi karena mengandung vitamin B.

5. Cokelat

Siapa yang tidak suka coklat? Favorit banyak orang, camilan ini terbukti membuat Anda merasa baik. Sepotong cokelat setiap hari dapat membantu mengurangi kadar hormon kortisol dan hormon stres lainnya. Bahkan cokelat dipercaya dapat meringankan efek sindrom pramenstruasi atau PMS pada wanita.

Ada banyak alternatif untuk makan cokelat setiap hari. Salah satunya dengan mengkonsumsi coklat susu kental manis. Nikmati susu kental manis cokelat sebagai campuran untuk meningkatkan cita rasa makanan dan minuman favorit Anda.

Campurkan susu kental manis cokelat dengan makanan atau minuman apa saja untuk mengubah mood Anda.

6. Teh hijau

Saat Anda mulai kehilangan semangat, teh hijau atau green tea bisa menjadi minuman pilihan yang menyegarkan. Kaya akan antioksidan, teh hijau, bila dikonsumsi secara teratur, dipercaya dapat mengontrol depresi pada lansia karena mengandung L-theanine, asam amino yang membantu melawan kecemasan, dan dapat meningkatkan kandungan kafein bila dikonsumsi secara teratur. suasana hati. tanpa membuat siapa pun gugup.

7. Blueberry

Selain pisang, blueberry dianggap sebagai makanan rekreasi. Berkat kandungan flavonoid yang memodulasi efek hormon stres (kortisol), yang membuat seseorang lebih tenang dan rileks.

8. Oat

Mulailah hari Anda dengan semangkuk oatmeal dan rasakan lebih banyak energi karena gandum adalah salah satu makanan yang meningkatkan suasana hati.

Karena oat memiliki indeks glikemik yang rendah, oat secara perlahan dilepaskan ke aliran darah sebagai energi. Hal ini dapat menjaga gula darah dan suasana hati tetap stabil. Oat juga mengandung selenium, mineral yang dipercaya dapat meningkatkan mood. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang dengan kekurangan selenium mengalami peningkatan tingkat depresi, lekas marah, kecemasan dan kelelahan.

9. Yoghurt

Yogurt adalah makanan yang menenangkan yang akan Anda lewatkan. Yogurt adalah susu fermentasi yang kaya akan probiotik. Probiotik membantu mengontrol dan mencerna bakteri usus Anda. Kondisi ini mungkin terkait dengan suasana hati. Studi telah menghubungkan flora usus yang seimbang dan suasana hati yang lebih baik, mengurangi stres dan kecemasan, dan mengurangi risiko depresi. Selain yoghurt, jenis makanan dan minuman fermentasi lainnya seperti kefir, kimchi, dan tempe juga dipercaya dapat meningkatkan mood.

10. Es Krim

Seperti halnya cokelat, es krim bisa menjadi hiburan yang mudah ditemukan. Camilan manis dan dingin ini sangat cocok dijadikan sebagai mood booster. Es krim juga bisa membuat Anda merasa baik. Selain itu, es krim juga mudah ditemukan dimana-mana. Misalnya, Anda bisa membelinya di supermarket atau toko es krim terdekat dari rumah Anda.

Makanan memiliki efek menenangkan, sehingga istilah ‘makanan yang menenangkan’ digunakan. Ketika Anda merasa tidak sehat, otak Anda melepaskan serangkaian bahan kimia dan hormon stres yang dapat memengaruhi kesehatan Anda. Mood booster adalah sesuatu yang dapat meningkatkan mood Anda. Hal-hal menyebalkan yang terjadi di pagi hari biasanya bisa memengaruhi mood Anda sepanjang hari. Jadi jangan biarkan hal-hal yang mengganggu menghalangi Anda.

Bisakah waktu makan menjadi pengubah suasana hati?

Selain makanan rekreasi di atas, waktu makan juga dianggap bisa membuat seseorang merasa enak. Berikut adalah beberapa saran untuk waktu makan yang tepat untuk membuat Anda merasa lebih baik.

Makan tepat waktu

Sesibuk apapun harimu, makanlah tepat waktu. Apalagi sarapan. Bergerak tanpa sarapan memulai hari tanpa energi yang cukup. Akibatnya, Anda bisa kehilangan konsentrasi dan merasa tidak enak karena mudah lapar sebelum waktu makan siang.

Ketahui makanan apa yang harus dihindari

Beberapa makanan dapat membuat Anda merasa baik, sementara yang lain dapat menyebabkan gula darah Anda berfluktuasi di luar kendali. Kurangi asupan gula untuk menghindari kondisi ini. Ini karena gula dalam permen, soda, sirup, dan selai membuat gula darah Anda berisiko naik dan turun dengan cepat. Efek yang sama dapat terjadi dengan nasi putih, roti putih, dan biskuit manis.

Pengaturan waktu makan

Waktu makan harus diatur secara teratur untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil. Waktu makan yang disarankan adalah 4-5 jam. Ini akan memberi energi pada tubuh Anda dan menjaga suasana hati Anda tetap stabil.

Hal lain yang bisa membuatmu merasa lebih baik

Selain berbagai makanan yang disebutkan di atas, ada hal lain yang bisa membuat Anda merasa enak, di antaranya:

Jalan-jalan

Siapa yang tidak suka bepergian? Terutama ketika saya sedang tidak enak badan atau ketika saya sedang dalam suasana hati yang buruk, saya pikir saya akan merasa lebih baik jika saya berjalan-jalan. Jadi perjalanan sering menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian orang. Anda bisa jalan-jalan ke tempat-tempat yang masih dekat, seperti taman atau pusat perbelanjaan. Atau, jika Anda memiliki lebih banyak waktu, Anda dapat merencanakan jalan-jalan ke luar kota ke tempat baru yang belum pernah Anda kunjungi.

Berjalan-jalan pasti akan membuat Anda merasa lebih baik. Tidak hanya itu, pikiran Anda akan segar kembali dan Anda akan dapat memulai hari kembali dengan semangat dan kepercayaan diri yang lebih besar. Jadi Anda bisa menjadikan perjalanan sebagai pengalihan.

Menonton film

Ini pasti menjadi pilihan banyak orang untuk menjadi mood booster. Saat sibuk dan dalam suasana hati yang buruk, banyak orang pergi ke bioskop untuk menonton film-film seru terbaru.

Tetapi bagaimana jika Anda tidak ingin menghabiskan uang? Bahkan jika Anda tidak pergi ke bioskop, Anda dapat melakukan streaming film dari situs yang menawarkan streaming untuk menonton film sebagai pengalih perhatian. Jadi Anda bisa melihatnya di mana saja di rumah Anda. Murah, mudah dan menyenangkan bukan?

Ahli gizi Lagizi, Jansen Ongko, MSc, RD mengatakan bahwa ketika sedang stres, kebanyakan orang beralih ke makanan rekreasi yang rasanya manis karena dapat meningkatkan produksi hormon serotonin dalam tubuh.

Namun, Anda tidak boleh makan terlalu banyak saat sedang stres. Hal ini karena obesitas dapat memicu penyakit lain seperti penyakit jantung dan stroke.

Ada banyak faktor yang bisa mengganggu mood kamu, mulai dari pekerjaan hingga hubungan dengan pacar atau bahkan hal-hal kecil yang menyebalkan. Jika sudah begini, sebaiknya segera cari mood booster yang akan mengembalikan mood Anda.

Tips

  • Kontrol asumsi. Siapa yang tahu bahwa overthinking adalah salah satu penyebab perubahan suasana hati?
  • Anda dapat menyegarkan diri dengan bersenang-senang atau mengobrol dengan teman dan keluarga.
  • Pikirkan tentang penyebab suasana hati Anda yang buruk.
  • Bersyukur
  • Segarkan otak Anda dengan aktivitas seperti berolahraga, bermeditasi, bermain dengan hewan peliharaan Anda, atau mendengarkan musik.

Ini adalah fakta yang terkenal bahwa kualitas perasaan Anda mempengaruhi kondisi tubuh Anda. Saat Anda dalam suasana hati yang baik, Anda akan menjalani hari yang penuh antusiasme dan menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan akurat.

Jadi, ada baiknya menjaga kondisi tubuh tetap optimal agar efek positif suasana hati yang baik dapat dioptimalkan untuk kebutuhan produktivitas harian Anda. Berikut adalah beberapa kegiatan yang dapat memaksimalkan keluaran yang dirasakan dari suasana hati Anda sekaligus sebagai penambah suasana hati.

Kualitas tidur yang baik

Aktivitas selanjutnya yang bisa membuat rileks adalah tidur. Siapa yang tidak suka tidur? Sepertinya semua orang harus menantikan waktu tidur untuk beristirahat. Setelah seharian beraktivitas, tentunya tubuh membutuhkan istirahat yang cukup. Karena itu, tidur adalah cara terbaik untuk memulihkan energi yang sebelumnya terbuang. Namun, Anda harus memperhatikan kualitas tidur Anda. Seiring dengan tidur yang nyenyak, aktivitas istirahat ini dapat meningkatkan kualitas suasana hati atau berfungsi untuk memperbaiki suasana hati. Jadi, pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup dan ideal, 7-8 jam sehari di malam hari.

Olahraga yang cukup dan teratur

Peran mood dalam memaksimalkan produktivitas tubuh juga perlu diimbangi dengan intensitas olahraga yang tepat. Olahraga yang tepat dan teratur dapat menjaga tubuh Anda dalam kondisi prima dan mengurangi risiko sakit. Olahraga juga memiliki efek meningkatkan mood Anda. Hal ini terjadi karena dalam setiap aktivitas olahraga yang Anda lakukan, Anda memproduksi dan meningkatkan hormon yang meningkatkan mood Anda dan membuat tubuh Anda ringan dan nyaman.

Bermain dengan hewan peliharaan

Bagi Anda yang memiliki anjing atau kucing, sahabat di rumah sebenarnya bisa menjadi mood booster. Jadi, pastikan Anda secara teratur menemukan waktu untuk bermain atau bersama hewan peliharaan Anda saat ia sedang cemas dan membutuhkan mood booster.

Anjing dan kucing dikenal tidak hanya sebagai hewan peliharaan, tetapi juga sebagai hewan terapeutik. Hewan terapeutik, anjing dan kucing, didasarkan pada penelitian yang menunjukkan bahwa kedua hewan dapat memenuhi kebutuhan dasar manusia akan kasih sayang. Hanya dengan bermain, memeluk, dan menyentuh hewan peliharaan Anda, tubuh Anda secara otomatis meningkatkan kadar hormon dopamin dan serotonin, membuat Anda merasa lebih nyaman dan merasa lebih baik.

Terhubung dengan orang-orang terdekat Anda

Ternyata menjaga komunikasi yang baik dengan orang-orang terdekat Anda, serta dengan melakukan gerakan kasih sayang kepada hewan Anda, bisa menjadi mood booster yang Anda butuhkan untuk menjaga kualitas mood Anda. Sebagai mood booster, kamu bisa memperbaiki mood lagi dengan berbicara kepada orang terdekat dan tersayang tentang mood kamu yang sedang tidak menentu.

Selain fitur mood booster di atas, melakukan hal-hal lain yang dapat meningkatkan mood Anda, seperti menata meja kerja, membersihkan rumah, menata ulang dan mengubah dekorasi di sekitar Anda, dapat memberi Anda warna dan getaran baru. Jangan biarkan bad mood memengaruhi produktivitas harian Anda. Berlatih di atas bagaimana merasa baik dan memulai hari Anda dengan pikiran positif.

Leave a Reply

Your email address will not be published.